Jumat, 02 Desember 2016

Siklus Akuntansi Manual & Siklus Akuntansi Komputerisasi

Siklus Akuntansi Manual merupakan proses pencatatan informasi akuntansi secara manual atau dengan kata lain menggunakan tenaga manusia tanpa adanya bantuan teknologi seperti komputer. Dalam proses pembelajaran siklus akuntansi manual ini masih sering digunakan. Dalam siklus akuntansi manual, manusia memiliki peranan yang sangat penting. Adapun siklus akuntansi manual yang biasa kita kenal diantaranya:


1. Pengumpulan Bukti Transaksi, bukti transaksi merupakan data dasar yang diperlukan dalam membuat rangkaian siklus akuntansi. Bukti transaksi ini bisa berupa nota atau faktur dan bisa juga yang lainnya.




2.  Penjurnalan Transaksi, setelah kita memperoleh sekumpulan bukti transaksi, langkah berikutnya adalah mencatat atau menjurnal nilai transaksi yang ada pada bukti transaksi dimasukkan ke buku catatan transaksi (menjurnal).


3.  Posting Buku Besar, pada tahap ini catatan transaksi yang telah dijurnal kemudian dipisahkan berdasarkan nama akunnya, misalnya transaksi pembelian dipindahkan ke akun pembelian, transaksi penjualan ke akun penjualan dan yang lainnya. Sehingga dihasilkan informasi yang sudah mengelompok berdasarkan nama akunnya.




Buku Besar Pembantu, yaitu merupakan terusan dari buku besar umum. Buku besar pembantu dibagi menjadi dua yaitu: Buku Besar Pembantu Utang dan Buku Besar Pembantu Piutang. Dalam pencatatan buku besar pembantu dilakukan secara individual atau dengan kata lain per perusahaan atau pun per nama orang.





4.  Neraca Saldo, sering disebut dengan neraca percobaan (Trial Balance), merupakan daftar perkiraan dimana masing-masing perkiraan memuat saldo akhir transaksi seperti yang terdapat dalam buku besar. Neraca ini berguna untuk menguji keseimbangan debit dan kredit dalam buku besar dan menjadi dasar dalam pembuatan laporan keuangan.


5.  Jurnal Penyesuaian, ada beberapa kemungkinan penyebab atas terjadinya suatu ketidaksesuaian yang membuat jumlah nilai akun yang bersaldo debit dengan akun yang bersaldo kredit menjadi tidak seimbang (tidak sama), untuk seluruh penyebab tersebut, perlu disusun jurnal penyesuaian supaya kesimbangan bisa tercapai.




6.  Neraca Lajur, mempunyai kegunaan untuk mengetahui akun apa saja yang perlu disesuaikan untuk menyiapkan laporan keuangan.


7. Laporan Keuangan, merupakan informasi terpenting dalam siklus akuntansi. Laporan keuangan terdiri dari Laporan Laba Rugi, Laporan Perubahan Ekuitas, Laporan Posisi Keuangan, Laporan Arus Kas dan Catatan Atas Laporan Keuangan. Untuk mrngrtahui lebih lanjut mengenai Laporan Keuangan saya sudah menulisnya disini.

8. Jurnal Penutup, berguna untuk menutup semua akun pendapatan dan beban sehingga pada akhirnya bersaldo 0.




9.  Jurnal Pembalik, berguna untuk memastikan seluruh kelompok akun pendapatan dan beban telah ditutup dan memastikan seluruh saldo dalam akun kelompok neraca telah dalam kondisi yang seimbang (balance) dan siap menjadi saldo awal pada pembukaan buku di periode selanjutnya.






10. Neraca Saldo Awal Periode, setelah kita melakukan ke 9 langkah tersebut maka kita bisa menyusun neraca saldo pada awal periode selanjutnya yang bisa kita ketahui dari hasil 9 langkah tersebut.

Selanjutnya seiring perkembangan zaman, Siklus Akuntansi Manual digantikan oleh Siklus Akuntansi Komputer. Pada siklus akuntansi komputer, manusia hanya berperan sebagai penginput data dan nantinya komputer lah yang akan memproses semuanya. Berkembangnya siklus akuntansi komputer tidak lain karena dalam menggunakan siklus akuntansi manual membutuhkan waktu yang lama dan tingkat kesalahan yang tinggi, lain halnya dengan siklus akuntansi komputer yang membutuhkan waktu singkat dan tingkat kesalahan bisa diminimalisir. Adapun siklus akuntansi komputer yaitu:

Dari gambar tersebut dapat kita ketahui bahwa (1) proses pengumpulan data-data transaksi, setelah data-data transaksi diperoleh maka (2) data transaksi tersebut diinput/dipindahkan/disimpan pada komputer. Selanjutnya setelah data dipindahkan pada komputer (3) data diposting sama halnya seperti kegiatan posting buku besar dalam sistem manual. Data yang telah diposting tersebut kemudian (4) dilakukan proses perhitungan secara komputerisasi untuk menghasilkan laporan keuangan. Setelah proses perhitungan selesai maka (5) kita bisa mengetahui informasi mengenai Laporan Posisi Keuangan, Laporan Laba Rugi dan yang lainnya. Dan yang terakhir (6) informasi keuangan yang dihasilkan tersebut berguna untuk kegiatan operasional perusahaan.

Dalam membuat siklus akuntansi komputer kita bisa menggunakan berbagai aplikasi yang ada seperti:
  • KRISHAND
  • ACCURATE V3 Standard
  • K-Sistem Indonesia
  • SAGE ACCPAC ERP
  • MYOB Accounting
  • Microsoft Office Excel
  • DacEasy Accounting (DEA)
  • Payroll
  • Simply acconting
  • Peachtree
  • Zahir Accounting
  • Cash Register
  • NetLedger
  • LedgerPlus
Dari sini dapat kita simpulkan bahwa siklus akuntansi komputer lebih sederhana daripada siklus akuntansi manual yang mempunyai banyak proses dan membutuhkan waktu yang lebih lama.


Sumber: Gambar dari Google Images

Tidak ada komentar:

Posting Komentar