E-Commerce merupakan suatu
transaksi yang dilakukan dengan menggunakan website dan secara online, saya
akan menjelaskan mengenai salah-satu e-commerce yaitu Dresslink.com.
Apa itu Dresslink?
Dresslink.com merupakan situs
jual beli online yang berasal dari Cina. Dresslink menyediakan berbagai
pakaian, aksesoris, fashion, dan make up khusus bagi wanita. Sesuai dengan
taglinenya “Woman latest fashion sexy dresses stylish clothing at affordable
price” Dresslink memang menyediakan produk-produk fashion dengan harga yang
sangat murah dan kualitas yang baik. Selain itu, Dresslink juga sering
mengadakan diskon ataupun promo. Hal inilah yang membuat banyak orang tertarik
belanja di Dresslink. Walaupun berasal
dari Cina, tapi dresslink sudah berbasis Asia dan Internasional, hal ini
terbukti dari bahasa situsnya yang bisa dirubah sesuai Negara kita, ya walaupun
pilihannya masih sangat terbatas dan belum menyediakan bahasa Indonesia juga.
Termasuk tipe bisnis apa Dresslink?
Sesuai dengan deskripsi yang
tertera di Dresslink sendiri, Dresslink merupakan suatu situs yang memiliki
tipe B2C (Business to Customer) yaitu penjual menjual barang atau jasanya
langsung kepada konsumen tanpa adanya perantara, setalah konsumen memilih
barang yang diinginkan dan melakukan transaksi pembayaran maka barang akan
langsung dikirim oleh penjual. Pada saat ini, banyak sekali tipe B2C yang
berkembang, bukan hanya di Indonesia melainkan negara-negara lainnya seperti
halnya Dresslink dari Cina ini. Hal ini
dikarenakan kemajuan sistem yang semakin berkembang sehingga banyak bermunculan
bisnis-bisnis seperti ini. Adapun salah satu keuntungan tipe bisnis ini adalah
semua keuntungan penjualan murni milik perusahaan. Namun adapula kekurangannya
yaitu untuk mendirikan bisnis ini harus memiliki modal yang besar dan
persediaan barang yang memadai.
Model bisnis seperti apa yang digunakan Dresslink?
Disini Dresslink menggunakan
model bisnis Content Provider. Content Provider ini merupakan suatu model
bisnis yang memperoleh penghasilan dari penyediaan konten misalnya konten musik,
video, berita ataupun konten fashion seperti halnya Dresslink. Dalam model ini,
penyedia konten melakukan sendiri penyediaan konten tanpa adanya perantara dan
langsung berhubungan dengan konsumen yang akan membeli.
Darimana sumber penghasilan Dresslink?
Adapun penghasilan yang diperoleh
Dresslink adalah dari penjualan produknya dan juga dari afiliasi. Dari penjualan produk Dresslink tentu saja memperoleh penghasilan jika ada konsumen yang membeli produknya. Dan penghasilan dari afiliasi yaitu
penghasilan yang diperoleh dari merujuk konsumen untuk mengunjungi situs
website orang lain, hal ini ditunjukkan dengan adanya penawaran kerja sama afiliasi yang ditawarkan Dresslink. Keuntungan yang ditawarkan Dresslink dari kegiatan afiliasi
diantaranya: 13-15% komisi dari penjualan yang berhasil, pemberian kupon
terbaru, penawaran-penawaran, banner, bulletin berkala, datafeed, dan tim
afiliasi yang berdedikasi untuk menjawab semua pertanyaan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar